Itinerary : mengunjungi tempat-tempat Favorit di New Zealand

ferroli water heater instan pemanas air kamarmandiku

Selama satu bulan (mulai tanggal 10 Desember 2017 sampai 10 januari 2018 ) kami berlibur di negeri yang sangat indah. Takjub akan segala keindahan yang kami lihat di sepanjang perjalanan. Sesuai dengan itinerary tour travel ternama, kami mencoba mengatur perjalanan kami dari hari kesehari. Sebagian

rudy jangan menyerah new zealand itinerary church of good shepherd lake tekapo
Church of Good Shepherd di pinggir lake Tekapo

besar lokasi favorit yang wajib dikunjungi di New Zealand sudah kami singgahi, dan banyak lagi bonus tempat yang menurut kami tempatnya tidak kalah bagus, jadi menurut kami jika kalian ingin merencanakan   jalan- jalan ke New Zealand, nggak perlu ikut tour travel, biayanya tentu sangat mahal sekali,  jalan sendiri saja bareng keluarga atau teman, dijamin nggak bakal nyasar, selain biaya yang dikeluarkan akan jadi lebih hemat dan yang terpenting.. bisa bebas menentukan arah, waktu untuk  berhenti dan menginap dimanapun yang disukai. Peta, GPS dan buku panduan traveller bisa kalian temukan ambil disetiap  I Site ( information centre) yang tersebar disetiap kota dan bandara.

Bertiga, saya  istri dan anak  yang berusia delapan tahun, kami bertualang menjelajah kedua pulau besar South Island dan North Island.

TIPS & Trik  Untuk  Backpacker : Buat nyaman saat berada di kamar Mandi ?

Buat kita orang Asia kebiasaan bersih-bersih  saat di toilet pasti menggunakan semprotan kloset / Jet washer. Di Negara seperti New Zealand ( selandia baru ) pasti kita tidak akan pernah menemukan alat tersebut. Semua proses pembersihan sehabis pipis atau BAB pasti menggunakan Tissu. Tentu nggak nayman dan merasa tidak hygieniskan.. Kami rekomendasikan anda bisa memiliki alat ini. Portable Washlet bidet dari Toto.  Bentuknya yang kecil bisa dibawa kemana mana dan bisa disimpan dalam tas tangan. Simple dan sangat bermanfaat. Produk ini Asli dari Jepang, desainnya kuat dan tahan lama. Peralatan bidet ini saat ini sudah tersedia di Indonesia. Bisa di beli toko online di www.kamarmandiku.com,  atau bisa juga di e-commerce  favorit anda.  Untuk mengetahui  lebih jelas mengenai  fungsinya klik video dibawah ini …

portbale-bidet-toto-kamarmandiku-backpacker

Inilah rute perjalanan kami   dari tanggal 10 desember 2017  – 10 januari 2018 sbb :

1. Tanggal 10 desember 2017 kami terbang dengan pesawat Qantas dan esok harinya jam 15.20 sore  kami tiba di bandara international Auckland dan kami menginap satu  malam di hotel IBIS budget di area bandara.

map peta new zealand south island
    Goresan Stabilo : Perjalanan kami 14 hari  di South Island New zealand dari gunung, jalan pulang lewat pinggir  laut
  2. Tanggal 11 desember 2017 jam 06.00 kami terbang lagi menuju Christchurch, kota tujuan awal kami untuk mulai bertualang. Kami terbang naik pesawat Jet Star, dan saat tiba kami langsung dijemput Apex Car rental menuju tempat pengambilan mobil  Nissan wing Road yang kami sudah booking jauh jauh hari sebelum berangkat ke NZ. Kami hanya membayar Rp.4.900.000 + asuransi zero excess   untuk  pemakaian selama 11 hari, yang menurut banyak orang itu sangatlah murah sekali, dan nanti saya juga akan ulas secara detail saat kami berganti mobil di hari yang ke 12, kami menggunakan Camper Van  Mercedez Benz Vito terbaru (speedometer  baru diangka  6000 km), mewah dan nyaman digunakan, kami hanya bayar $ 5 untuk 5 hari. Wow.. gimana caranya.. nanti saya bahas diartikel  sewa mobil di New zealand murah atau bahkan gratis.
  3. Masih 11 desember 2017, begitu tanda tangan dan serah terima kondisi kendaraan kami langsung menuju supermarket Countdown dan The Warehouse untuk membeli perlengkapan camping serta perbekalan kami selama beberapa hari. Selain kedua supermarket yang saya sebut diatas, kami rekomendasikan belanja kebutuhan bahan makanan di Pak’N Save, harganya murah untuk standard di NZ,
    26056054_10210969306290964_4554302772605256991_n
    Belanja bahan makanan di Pak’N SAVE

tapi buat saya masih sangat mahal jika di hitung ke rupiah.. Jadi jika ingin hemat selama di New Zealand saran kami masak sendiri dan nginap di Tenda. Mungkin anda merasa malu dan merasa tidak  nyaman, nggak ada toilet kamar mandi dlll, biasanya kan selalu di hotel kalau liburan, weeh.. jangan salah ya  fasilitas di NZ untuk turis yang camping juga nggak kalah keren, bersih dan nyaman. Negara ini saya juluki negara piknik.. orangnya senang lakukan aktivitas outdoor, makan sambill BBQ,  jadi segala hal semua tersedia lho, sebagian besar gratis.. dipantai saja disediakan alat panggang yang kita bisa gunakan gratis… tiss..sss

4. . setelah beberapa jam selesai berbelanja, dan sedikit keliling melihat pemukiman di kota Christchurch ( sebenarnya sekalian membiasakan diri dengan aturan lalu
    25399073_10210880653114690_4160887847506909347_n
    Jalanan di New Zealand selalu sepi dan asyik untuk berkendara, ribuan kilometer kami lewati dengan sukacita

lintas disini he..he ), kemudian kami jalan menuju Lake tekapo yang terkenal. Dipinggir Lake tekapo yang jernih dan airnya biru, kita juga bisa berselfie ria di Church of God Shepherd.  Kami tiba jam 22.30 di danau tekapo. Malam itu saya bertemu dengan beberapa orang yang sedang mempersiapkan peralatan photo  untuk mengabadikan gereja serta  bintang-bintang yang bersinar begitu indah. Malam itu kami putuskan tidur di dalam mobil yang cukup lega, pakai sleeping bag, tidur nyenyak dan pastinya kedinginan, suhu waktu itu 10 derajat celcius.

5. Pagi-pagi sekali saya sudah bangun karena Ingin ke toilet dan dengar suara orang yang mulai ramai berphoto serta menikmati suasana pagi yang berhias kabut. Lake Tekapo dan Church of Good Shepherd, benar salah satu tujuan wajib yang kalian harus datangi. Yang hobby photo atau ingin photo wedding wuiihhh.. so pasti keren abis..

25311107_10210856421628918_1509492665257507599_o
    kebun lavender yang indah
  6. Setelah puas di lake Tekapo dan sekitarnya, kami melanjutkan perjalanan menuju Mt Cook, gunung indah nan megah yang selalu ditutupi salju, padahal saat kami datang kesini sedang musim panas. Sebelum sampai di Mount cook, kami harus berhenti lagi karena menemukan LAKE PUKAKI yang cantik sekali, persis
    lake tekapo jangan menyerah
    Perjalanan menuju Mount cook New Zealand

lukisan..sekelilingnya bukit dan gunung hijau dan dikejauhan puncak gunung Mt Cook salju  bersinar karena diterpa sinar matahari yang terik. kemudian kami berhenti juga  di salah satu  kebun laverder park yang indah.

7. Sore Jam 18.00 kami tiba di Mt cook, hari masih sangat terang, buat kami sich senang banget, saat musim panas gelapnya di NZ setelah jam 22.00, jadi ya kaki kami lebih Panjang lagi untuk menjelajah South Island. Malam hari kami putuskan untuk membangun tenda di camp site Glantanner   holiday park. Kami membayar $ 55 ( 2 adult + 1 child). Di tempat ini disediakan shower mandi air panas, laundry + dryer berbayar ( $3) serta  dapur bersama yang kita bisa gunakan,lengkap dengan peralatan dapur, dan disini kami banyak  mendapatkan
  8. 20180102_142933
    Howick Historical Village, Perkampungan kuno dari tahun 1850, masih terjaga dan terawat.
  9. 25358411_10210864688475584_8295169132035574651_o
    Puzzling word di Wanaka, wajib singgah, cocok untuk anak-anak

biotaff kamarmandiku pengurai septictank kloset tersumbat

bahan  makanan gratis yang ditinggalkan  oleh orang yang ingin donasi atau tidak memerlukannya lagi.  Lokasi Camp site  banyak tersedia dan kalian bisa pilih. Untuk berhemat saran saya diawal sebaiknya berkemah saja  daripada hotel/motel/hostel/cabin yang minimal kita harus bayar  diatas $100 ( untuk 3 orang ).

25394683_10215504264982952_43396787308552218_o
    suasana taman kota di queenstown
  10. Esok harinya jam  14.00 kami melanjutnya perjalanan menuju WANAKA. Seharusnya kami sudah  jalan sejak jam 10.00 pagi,  tetapi karena asyik ngobrol dan nyanyi dengan teman teman  baru dari berbagai bangsa, asyik juga membuat suasana camping lebih ramai dan seru. Perjalanan menuju Wanaka, kami menemukan pemandangan yang indah, bukit hijau, bunga lupin menghiasi pinggir jalan, domba
    25660307_10210909644239450_863431022119516991_n
    Masak untuk menghemat biaya..

dan sapi yang lucu, akhirnya kami berhenti untuk makan siang di TWIZEL, dan makan ikan salmon segar dan rileks sejenak sambil melihat kolam ikan salmon + update status menggunakan WIFI gratis yang disediakan.  Oh ya.. untuk Wifi , kalian bisa menemukan banyak hotspot gratis yang disediakan, dan kami sering menggunakannya, karena, memakai sim card NZ, biaya terlalu mahal, saya ada beli dua kartu dari 2 Degrees dan  Vadafone, nggak sampai 1 minggu kuota sudah habis, padahal, saya beli minimal 3 GB seharga $ 20. Data Internet  cukup mahal  ya..

11. Masih dalam perjalanan menuju Wanaka, kalian akan banyak menemukan tempat yang perlu disinggahi seperti Puzzling World, Photo di kota Tua Cardrona, serta melihat ribuan Bra yang dipajang disekeliling pagar, Lucu dan nggak ada di tempat manapun..

25352342_10210865571137650_929208219294030298_o
    Melihat hotel Tua di Cardrona dibangun tahun 1863, dan masih banyak lagi bangunan tua lainnya
  12. Tiba di Wanaka, kami istirahat di Lake Wanaka, berkeliling kota dan lanjut menuju Queenstown. Kami menginap 1 malam di kota yang wajib kamu kunjungi, tempatnya wow keren abis.. seharusnya kami minimal 2 hari di kota ini, tetapi karena kami sudah ada jadwal untuk naik cruise di Milford sound, dengan berat
    25396164_10215504327344511_8287215768305215500_n
    Makan Hamburger terkenal di kota Queenstown, kalian harus coba, antrinya waduh lama sekali..

hati akhirnya tancap gas menuju Te anau, dan kalian akan ketemu lagi danau yang cantik dan bersih, burung  berterbangan dan bebek berenang sangat menghibur dan menghilangkan Lelah, beberapa jam kemudian kami lanjut menuju Milford Sound yang keren luar biasa.. kalian akan lihat kemegahan gunung dengan ratusan

25394943_10210865479855368_7273647172973377645_o
    Welcome to Bradona, ribuan Bra digantung dipagar.. weleeeh..

air terjun mengalir disekelilingnya, Ini tempat yang kudu WAJIB kami datangi. Oh ya.. sebelum sampai ke Milford Sound kalian juga akan melewati MIRROR LAKE, wajib berhenti ya..

13. Setelah seharian di Milford sound dan 2 jam naik cruise Go Orange + lunch gratis di Kapal, kami lanjutkan perjalanan kembali menuju DUNEDIN. Untuk diketahui, di Milford Sound ada banyak pilihan kapal yang dapat dipilih, kami menggunakan Go orange karena mendapatkan potongan harga hingga 70%, kami hanya bayar $39/ orang. kalian bisa membeli tiket cruise jauh jauh hari melalui Groupon, lumayan hemat, karena jika beli dilokasi kalian harus bayar $85 per orang.

25626433_10210891751632146_7555857190175004355_o
    Go Orange Cruise, melihat pemandangan yang menakjubkan
  14. DUNEDIN kota yang sibuk, tapi tetap keren, semua teratur dan bersih, kami berkendara melewati pabrik coklat terkenal Cadbury , dan singgah di puncak bukit untuk melihat  LARNACH CASTLE. Tempatnya so pasti keren, semua peninggalan jaman dulu terawat dengan baik,  dan dari castle ini  kalian bisa melihat kemegahan kota Dunedin.
  15. 20171216_120919
    Berkunjung ke Museum “national Transport & Toys, sangat lengkap, cocok untuk anak-anak juga
  16. Dari Dunedin kami jalan lagi menuju Christchurch untuk mengembalikan mobil, dan kemudian berganti kendaraan Camper Van Mercedez benz Vito yang dilengkapi tempat tidur dan peralatan memasak, wastafel serta refrigerator mini. Mau tahu berapa sewanya ? Kami hanya cukup  membayar $5 untuk menggunakan mobil ini.. Nanti saya ulas diartikel berikutnya.

APNZ_Apollo-Vivid-Camper_External_179A7041
    Apollo Camper van dilengkapi perlengkapan memasak dan tempat tidur tambahan di atap mobil
  17. Selama di perjalanan menuju Christchurch, akhirnya kami bertemu keluarga dari Indonesia yang sudah menetap selama 20 tahun di kota Oamaru. Kota kecil ini cukup menarik, disore hari ditepi pantai kalian bisa melihat penguin. Selama 2 malam  akhirnya
    25442808_10210896727316535_7680239178319247985_n
    Larnach castle di Dunedin

kami diminta tinggal dirumahnya. Mujizat juga, setelah beberapa hari menginap di tenda, akhirnya kami bisa tidur di Kasur yang empuk yang dilengkapi dengan penghangat, puji Tuhan.. Mereka sangat senang ketemu orang Indonesia, kami sangat menikmati kebersamaan dengan mereka sekeluarga, sangat berkesan..

18. Perjalanan dari Oamaru menuju Christchurch kami tempuh selama 3,5 jam, kembalikan Nissan Wings road yang lega, berganti mobil dengan Camper Van Apollo lanjut menuju Wellington.

26168132_10210963371742604_3406257830193522037_n
    Freedom Camping di New Zealand
  19. Sepanjang Perjalanan menuju pelabuhan,kami melewati jalan yang indah, pantai yang elok dan melewati banyak tunnel, istirahat dipinggir pantai sambal memberi makan burung seagull dan  kami akhirnya tiba di pelabuhan PICTON  dan
    25626028_10210914779927839_734220215833549460_o
    Di pelabuhan Picton naik ferry menuju Wellington

kemudian  menggunakan Ferry BlueBridge,dengan lama penyeberangan selama 3 jam. Di kapal BlueBridge kita bisa beristirahat, main internet, nonton bioskop, buat anak ada ruangan bermain, ya cukup nyaman, dan nggak terasa waktunya kami sudah tiba di Wellington. Hal yang lucu dan sedikit memalukan, kami sebenarnya jadwal penyeberangannya sudah terlambat, karena salah baca, seharusnya kami naik kapal jam 01.30am , tapi kami datang jam 01.30pm. Salah baca karena beli tiketnya lewat handphone, di bayar melalui kartu kredit. Beruntung petugas di pelabuhan mau menolong dan berkata kalian so lucky, tempat masih ada yang kosong, dan menyuruh kami segera cepat naik. Puji Tuhan.. kalau tidak kami harus kehilangan $395 untuk biaya penyeberangan mobil + 3 orang. Biaya kami menyeberang disubsidi oleh Apollo senilai $340, untuk mobil dan supir, lumayan banget.. udah dapat mobil gratis, biaya ferry juga ditanggung. Asssyikkkk….

map new zealand north island
    Goresan Stabilo : perjalanan kami di North Island New Zealand selama 15 hari.
  20. Setelah tiba di Wellington, sejenak kami berkeliling kota dan sedikit nyasar, karena namanya kota besar, ada beberapa petunjuk yang agak membingungkan, sehingga saya salah jalan, ya nggak masalah sich.., namanya juga jalan jalan.. akhirnya kami lanjut Via Tol SH 1 menuju TAUPO.
  21. Perjalanan menuju TAUPO, kami mampir ke HUKA FALLS dan LAKE TAUPO yang terkenal, melihat danau sungai besar yang jernih, kemudian kami berhenti untuk mandi air panas ( Tokaanu Geo thermal Pools ) dan melihat sumber air panas yang banyak kami temukan di North Island.  Karena bertepatan dengan Christmas. Semua lokasi wisata libur, akhirnya  satu hari kami nggak jalan kemana-mana, menikmati santai lihat pemandangan, domba dan sapi , memberi makan burung-burung yang datang  ke kemah kami, suatu hal yang saya nggak pernah alami seumur hidup. Alam New Zealand Memang sangat menakjubkan. Sekali seumur hidup kalian harus buat rencana kesini. Pasti BIsa jangan menyerah.. Catatan: nggak harus mahal..bisa diatur.
  22. Kami juga mampir ke matamata ( hobbiton movie set ), tempat pembuatan film Lord Of the rings, sayang karena hari libur, kami hanya bisa menyaksikan dari luar, tempatnya memang bagus, tertata rapi dan keren.

26047120_10210961520456323_3010015916209653712_n
    Tidur dan menikmati keriuhan burung, istriharat seharian karena lokasi wisata tutup bertepatan dengan christmas
  23. Setelah selesai menikmati mobil gratis selama 5 hari, kami akhirnya mengembalikan mobil tersebut ke terminalnya di bandara Auckland, dan kemudian berganti mobil yang tidak kalah keren, garang saat dipacu, dan kuat saat tanjakan, Subaru Legacy.
  24. Setelah ambil informasi di I site di kota Auckland, tujuan wisata mana yang menarik diseputaran Auckland, akhirnya kami putuskan jalan ke Thames
    hot water beach thames coromandel new zealand
    Hot Water Beach di Coromandel

Coromandel, kami mandi air panas di Hot Water beach, uniknya, kita terlebih dahulu harus menggali pasir ditepi pantai , dan nanti akan menemukan air panas yang bisa kita gunakan untuk berendam.. wiih.. luar biasa dech pokoknya, anak anak maupun orang dewasa pasti senang bermain disini. Lokasi di Hahei ( coromandel). Kalian wajib kesini. Untuk datang kesini nggak bayar alias GRATISSSSS

25. Setelah beberapa hari kami di Thames Coromandel, kami kembali ke Auckland untuk merayakan malam tahun baru di Kota Auckland. Malam itu saat pergantian tahun kami putuskan untuk kami ada di gereja, beribadah dan bersyukur kepada Tuhan atas anugerah serta berkat yang kami terima selama tahun 2017. Jam 01.00, setelah doa dan makan bersama digereja kami kembali ke penginapan kami dan sebentar keliling kota  melihat keramaian serta kemacetan jalanan.
  26. Dua hari kami menjelalah kota Auckland, melihat sky tower, mampir ke museum, taman bunga, akhirnya kami putuskan untuk menghabiskan sisa liburan menuju ujungnya new Zealand, melihat CAPE REINGA.. Tempat ini wajib kamu kunjungi
    26169569_10211013019783774_8227249440925244003_n
    Main sandboarding di bukit pasir 13 km sebelum tiba di Cape Reinga

jika liburan ke North Island. Selain melihat mercusuar, perpaduan laut tasman dan samudera pacific, kalian bisa main sandboarding, seluncuran pasir di Te Paki sand Dunes, jaraknya 13 kilometer sebelum sampai Ujung New Zealand di Cape reinga.

27. Perjalanan menuju Cape Reinga tidak akan membosankan, sepanjang jalan menyuguhkan pemancangan yang buat kita tidak bosan, saya saja nggak pernah ngantuk saat jalan ..he..he.. ( iyalah supir
    26166629_10211013019463766_995159011778092911_n
    Meluncur di bukit pasir, lokasi di Te Paki Sand Dunes

nggak boleh tidur..ntar masuk jurang ).. kalian bisa berhenti, lihat museum, bangunan tua, taman bermain untuk anak sekalian tempat piknik atau BBQ, sungai dan beristirahat di tempat yang sudah disediakan.

28. Tanggal 9 Januari kami tiba di Auckland dan bersiap kembali ke Indonesia, dan serunya kami masih ada sedikit kesenangan saat transit di Sydney selama 8 jam, kami masih bisa keliling kota naik train, melihat pelabuhan, makan serta selfie di opera house.

26167046_10211013044944403_6840729670751601068_n
    Akhirnya sampai juga di Ujung dari New Zealand, Cape Reinga

Ikuti terus artikel yang saya akan tulis, mengenai cara mendapatkan tiket murah ke new Zealand, sewa mobil murah bahkan gratis di New Zealand,  aturan berkendara di New

26219755_10215695058592673_8328326829829810570_n
Saat transit 8 jam di Sydney, asyik kesempatan keliling kota
25734422_10210915263619931_1229461388539787600_o
Kami sangat menikmati petualangan ini terlebih anak saya tidak masalah dengan tidur di tenda atau di mobil.

Zealand, lokasi tempat-tempat  wisata gratis di new zealand, atau jika kalian ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar dan nanti akan saya jawab, semoga tulisan perjalanan kami bisa menjadi inspirasi buat kalian semua, main ke New Zealand nggak harus mahal, dan kamu pasti bisa . jangan mudah menyerah ya..

BACA JUGA :

Family Trip : Perjalanan kami sebulan ke Amerika dengan biaya yang murah ?

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum jalan ke New Zealand

Cara mendapatkan sewa mobil murah atau bahkan gratis saat liburan di New Zealand

Alamat lokasi camping murah bahkan gratis

banner-bold-foot-washer-800-x-300-kamarmandiku

Tulis komentar atau pertanyaan kalian dibawah ini : mungkin saya bisa berbagi hal lainnya yang perlu diketahui ..

48 Comments Add yours

1. ayu ningsih berkata:

wah asyik juga. berapa habis biayanya

Disukai oleh 1 orang

2. Andi berkata:

Bagaimana cara mendapatkan mobil mercy dengan biaya yang cuma 5 dollar

3. Yanti martini berkata:

Gimana caranya dapat mobil kemah gratis..

Suka

1. bisa ajukan relocation dari rental mobil, bisa baca website apollo camper van, jucy camper van dll .

4. Unceizyun berkata:

pak untuk menyetir sendiri di Nz apakah ada syarat?

Suka

1. Cukup punya sim international saja pak. urus di Ditlantas Polri MT haryono jika bapak ada di jakarta, buatnya mudah, cuma bayar 285.000 selesai 15 menit. aturan berkendara sama saja dengan di Indonesia, yg terpenting kita taat aturan karena surat denda/ tilang tdk kita terima saat jalan, tapi saat mengembalikan mobil atau saat pulang ke bandara. jaga kecepatan, selalu ada kamera dan pemantau kecepatan, biasa di kota kecepatan hanya 50-80 km saja, nggak perlu dikuatirkan, nanti saya ulas mengenai tips berkendara di NZ

5. Ferry Candra berkata:

Boleh minta alamat email nya bro?

6. Flo berkata:

Mas waktu transit di Sydney selama 8 jam apakah memerlukan visa transit ketika mau keluar airport jalan2

1. iya betul, perlu visa transit, karena kalau nggak punya kita nggak bisa juga keluar airport.demikian infonya ya

7. Cara berkata:

Halo Pak,
    Salam kenal…Saya &keluarga mau travel ke Nz bulan july nanti.Mau minta tolong saran itineanry:)
    Tanggal 4 July sampai Auckland.tgl 8 mau naik pesawat dr Auckland ke Christchurch.Tanggal 17 pswt dr christchurch ke Auckland lagi.Sebagusnya sewa mobil atau naik bus aja ya…
    Makasih

Suka

1. halo pak, salam kenal juga, wah mantapp…sebaiknya sewa mobil ya pak, kalau naik bis, ada batas waktunya, NZ jam 6 sore aktifitas sudah tidak ada lagi, pom bensin toko sudah tutup ya pak. jadi saran sewa mobil saja, silahkan cek di artikel sewa mobil murah, kami kemarin sewa mobil pakai Apex. demikian infonya, kalau dari christchurch mau sewa mobil juga bisa, jaraknya 1 malam perjalanan, nanti naik ferry di picton, saat tiba mobil di tinggal di auckland saja. kalau ada pertanyaan lainnnya boleh dengan senang hati kami menjawab. salam

8. Cara berkata:

Wah senangnya dibalas komentar saya:)

Pak yang bikin galau, Tgl 6July dr Auckland kalo rencana ke Matamata (hobbiton),Rotorua,Taupo .Kalo sewa mobil dari Taupo balik ke Auckland lagi efisien waktu dan biaya nggak ya?Soalnya sy mesti brgkt dr Auckland ke Christchurch tgl 9July

Terimakasih

Suka

1. pak/ibu saran , kalau misalnya masih bisa dirubah jadwalnya, begitu tiba di auckland, sewa mobil saja, jalan ke arah matamata,taupo dll, ( jarak dari auckland sekitar 3 jam berkendara ) sampai di wellington baru naik pesawat saja Ke CH. tiket pesawat murah hanya Rp.500.000 an saja naik jet star, kalau menyeberang, naik ferri lumayan mahal, belum biaya penumpang, dan jarak perjalanan dari wellington ke Christchurch jauh juga sekitar 8 jam.

1. Cara berkata:

Pak sore,

Makasih sarannya .Mau nanya lagi nih klo bawa mobil dari Auckland ke Wellington brp lama ?

Cara

Suka

2. kemarin kami banyak berhenti. kurang lebih 8 jam ya. naik tol, gratis koq. demikian infonya

3. Cara berkata:

Pak ,

Kalo untuk Nz pulau Selatan sebaiknya mulai darimana jalannya biar ga bolak balik.Pulang nya dari Christchurch.Klo naik kereta api Trans Alpine recomended ga ya?

Makasih

Suka

4. jalan bisa nggak harus bolak balik, rute ambil arah lake tekapo, pulang lewat dunedin, coba lihat gambar peta perjalanan kami, perjalannan tidak akan membosankan karena setiap lokasi ada saja yg menarik untuk dilihat. wah untuk kereta api saya belum pernah coba.

9. Cara berkata:

Terima kasih ya Pak sarannya:))

Suka

1. ok selamat berlibur ya.

10. oh ya jaga kecepatan, soalnya bisa kena denda ntar. thx

1. Cara berkata:

Makasih sarannya

11. Tresti berkata:

Apakah kemaren di selatan mampir ke frans joseph? Nelson dsb?rekomended ga yaa…

1. halo bu.. itu yg kemarin nggak sempat kita kunjungi, rutenya sedikit berbeda dan waktu kami sdh tidak ada lagi karena harus segera menuju auckland. Frans joseph memang tempat yg bagus.tahun depan mungkin akan kesana lagi.

12. Sun Suwandi berkata:

halo… Shalom pak, saya lihat bapak masih bisa keliling di Sydney … Apa tanpa visa australia, kita boleh mengunjungi kota Sydney selama masa transit di airport ? boleh tau ngak gimana caranya ? Trims…Gbu

Disukai oleh 1 orang

1. shalom juga pak Sun Swandi.. iya betul pak. ajukan visa transit ya, karena kami transit lebih dari 4 jam kudu punya visa juga. jadi masih bisa keliling kota, naik kereta supaya cepat. demikian infonya

1. Sun Suwandi berkata:

Halo pak, thank you balasannya… Btw, mohon visa transitnya langsung di bandara sydney atau sewaktu di indo ? Tq

2. oh urus visa harus di Indonesia ya pak. nggak bisa di bandara, kalau visa tujuan NZ sdh jadi proses visa transit australia cepat koq. syarat pengurusan sama seperti visa biasa. demikian infonya ..

13. Sun Suwandi berkata:

yup pak… Tq for info..GBU

1. ok pak. sukses dan sehat selalu

14. Janis berkata:

Hallo pak mau tanya gimana caranya transit di sydney 8 jam dan bisa jalan” brp biaya naik kereta dr airport ke opera housenya?

1. halo. untuk transit kita harus ada visa transit diurus terlebih dahulu di Indonesia ya.

Suka

2. naik kereta nggak mahal koq, paling sekitar 30 menit sampai.

15. Linda berkata:

Thanks buat semua infonya kak. Saya mau nanya nih, kalau overland dari selatan ke utara minimal dibutuhkan berapa hari?
    Kakak kan ngetripnya 1 bulan, kayaknya lama banget. Kalau misal 2 minggu gitu, cukup kah?

Suka

1. 2 minggu bisa saja cukup, mungkin fokus ke daerah wisata yg populer saja dulu ya.. tapi semua tempat buat kami sangat menarik.. sebulan masih kurang .. he.. he

16. sitta dewi berkata:

halo pak,
    boleh konsul, klo udah nyebrang dari picton, enaknya transit selanjutnya dimana ya (considering kt bawa baby 2th)? sy rencana mau ke mt cook, lake tekapo, cardrona baru tujuan terakhir di christchurch sekaligus pulang ke indo. mohon bantuannya ya

Suka

1. hai sitta Dewi, salam kenal, Untuk transitnya menurut saya semua tempat menarik ya.. sebaiknya perhatikan dulu jam berapa saat di Picton ya, kalau mau lanjut ke mt cook cukup jauh jaraknya, mungkin bisa berhenti di kota kota kecil yang dilewati. semua tempat di selatan buat kami sangat menakjubkan. selamat berlibur ya

17. Julian berkata:

hello pak Rudy. Shalom. Boleh tolong dijelaskan lebih detail soal discount petrol dari pembelanjaan di Pak ‘n Save? Dan apakah menurut Anda rental car insurance wajib dibeli, berdasarkan pengalaman pribadi Anda berkendara selama sebulan di sana. Terimakasih.

Suka

1. Hai Julian.. salam kenal, untuk asuransi wajib ya, mungkin saat kita berkendara semuanya aman, tapi org kan bisa menabrak kita, atau ada faktor alam/ misal kena kejatuhan pohon/batu dll. lebih aman ya kalau pakai asuransi/ , karena kalau ada kerusakan biayanya besar sekali. untuk diskon isi bensin nanti ada kupon ya

18. suyanti berkata:

pak, mau tanya dunk di NZ itu untuk tempat wisata nya susah ga ya, secara saya baru pertama kali ke sana…ada no wa ga ya pak
    terima kasih

Suka

1. hai kak. terima kasih berkunjung di blok kami. untuk tempat wisata nggak susah sich, kalau buaat kami semua tempat menjadi tempat wisata, dan dalam perjalanan berkendara juga sudah memberikan kesenangan tersendiri, demikian infonya

19. Agnes berkata:

Hai, salam kenal saya berencana liburan ke Nz dec 2020
    Mau tanya utk mobil biasa, apakah juga bisa menginap di campsite. Harus mendirikan tenda? Atau bisa juga tidur di mobil? Thanks infonya

Suka

1. hai. terima kasih berkunjung di blog janganmenyerah. Untuk nginap di camp site dengan mobil biasa bisa saja. mendirikan tenda atau tidur dimobil bisa saja. harga sewa tempatnya sama saja. demikina infonya.

20. Agnes berkata:

Shalom pak, terima kasih untuk balasannya..
    Blognya keren banget, sangat membantu kami..
    Mohon infonya untuk rute queenstown -wanaka-haast-frans Josef- hokitika- Arthur pass – chc
    Apakah jalannya terlalu berkelok-kelok atau berbahaya mengingat saya berencana bepergian dengan nenek dan anak kecil..
    Terimakasih sebelumnya
    Gbu

Suka

1. Halo Bu Agnes..untuk jalannya yg banyak kelok-kelok saat menuju queentown, selebihnya jalanan rata. Bawa orang Tua / manula dan anak kecil nggak masalah ya aman koq..