Berkeliling New Zealand Selama 1 Bulan Dengan Biaya Yang Sangat Murah, Bagaimana Caranya ?

iklan-inti-solar-pemanas-air-tenaga-surya-google-2-desain-728-x-90

Kia Ora .. Welcome to New Zealand, tulisan dan senyum yang ramah menyambut kedatangan anda di Negara ini. Mengunjungi New Zealand menjadi impian banyak orang, keindahan alam yang sungguh mempesona  benar adanya, sekeliling tempat yang dikunjungi akan membuat kita  terkagum kagum, setiap tempat menyuguhkan pemandangan dan suasana yang berbeda, dan jangan heran, anda memerlukan memory Handphone atau kamera yang cukup besar  untuk mengabadikan semua yang anda lihat. Namun …, kita harus menarik nafas yang dalam saat mengetahui  biaya yang cukup mahal untuk bisa mengunjungi tempat ini,  sering inilah yang menjadi kendala sehingga banyak orang mengubur mimpi untuk datang berkunjung ke negeri sekeping surga di bumi.

20171224_202554
Freedom camping Di New Zealand

Jangan Menyerah.. itu yang bisa saya sampaikan bagi sahabat semua.. saya bersama istri dan anak kami yang berumur 8 tahun sudah berkunjung dan berkeliling ke North Island dan South Island selama 1 bulan, ( tanggal 10 Desember 2017 dan kembali 10 Januari 2018), dengan biayanya relatif murah.

Baca Artikel Lainnya : 

Family Trip : Perjalanan kami selama satu bulan ke Amerika, biayanya juga murah ? 

Tips : Cara hemat dan murah jalan jalan ke Tembok China | Great wall of China 

Nah.. disini saya ulas tips untuk anda semua bagaimana  merencanakan perjalanan murah dan hemat ke New Zealand, mungkin tahun ini atau tahun depan, minimal sekali seumur hidup anda dan orang-orang yang anda kasihi harus datang kesini. Tempat ini sangat menakjubkan ..

lake pukaki new zealand
Lake Pukaki yang indah, latar belakang pegunungan yang masih tertutup salju, padahal saat kedatangan kami saat itu di NZ  sedang musim panas.

Kalau kita berbicara biaya perjalanan ke NZ, beberapa alokasi dana terbesar adalah  : tiket pesawat, transportasi  dan biaya hidup.  Yang lain seperti biaya berkunjung ke lokasi Wisata, ikut tour local kita bisa abaikan saja karena ‘ sebagian besar ‘ Road Trip yang kami lalui semuanya GRATISSSS…, artinya kita tidak terlalu perlu ikutan beli tiket, karena yang gratis saja nggak kalah seru dan menyenangkan. Jika sekiranya anda ingin menikmati beberapa tempat lokasi liburan yang berbayar, kami sarankan dapat membeli tiket melalui website saja di link berikut: https://www.grouponnz.co.nz. Harganya jauh lebih murah hingga 60%, seperti waktu kami naik Cruise di Milford Sound, lumayan untuk menghemat biaya. Anda juga bisa mendaftar di website ini dan nanti akan mendapatkan pemberitahuan mengenai harga promo atau diskon di lokasi wisata NZ.

TIPS & Trik  Untuk  Backpacker : Bagaimana cara supaya  nyaman saat berada di kamar Mandi ?

Buat kita orang Asia kebiasaan bersih-bersih  saat di toilet pasti menggunakan semprotan kloset / Jet washer. Di Negara seperti New Zealand  pasti kita tidak akan pernah menemukan alat tersebut. Semua proses pembersihan sehabis pipis atau BAB pasti menggunakan Tissu. Tentu nggak nayman dan merasa tidak hygieniskan.. Kami rekomendasikan anda bisa memiliki alat ini. Portable Washlet Bidet dari Toto.  Bentuknya yang kecil bisa dibawa kemana mana dan bisa disimpan dalam tas tangan. Simple dan sangat bermanfaat. Produk ini Asli dari Jepang, desainnya kuat dan tahan lama. Peralatan bidet ini saat ini sudah tersedia di Indonesia. Bisa di beli toko online www.kamarmandiku.com, atau bisa juga di e-commerce  favorit anda.  Untuk mengetahui lebih jelas mengenai  fungsinya klik video dibawah ini … 

portbale-bidet-toto-kamarmandiku-backpacker
20171215_091814
Berkemah di dekat Mount Cook yang terkenal solusi hemat selama di NZ

Oh ya..anak saya yang berumur 8 tahun, selama sebulan kami berkeliling New Zealand, tidak pernah merasa bosan, malah ingin tinggal lebih lama, kenapa… karena setiap kami berpindah dari satu kota ke kota yang lain, saya selalu berhenti minimal 2 jam sekali untuk beristirahat ke toilet, isi bensin, memasak makanan atau sekedar minum teh, dan

20171227_191555
anakku bermain  di taman kota yang asri

selalu kami akan menemukan tempat untuk beristirahat, taman yang indah dan berbagai fasilitas bermain yang semua bisa dipakai. Sekali lagi GRATISSSSSS.. contoh, di Indonesia misal kalau kita mau main flying fox kan harus bayar, disini itu merupakan mainan standar yang tersedia di taman kota, dan banyak lagi mainan outdoor yang membuat anak kami sangat menikmati perjalanan ini. Jarang anak kami menggunakan gadget untuk menghilangkan kebosanan atau sekedar bermain, di New Zealand fasilitas untuk warganya tersedia cukup lengkap, saya saja yang masa kecilnya kurang bahagia.. sangat senang melihat anak-anak bermain di taman, tersenyum melihat anak kecil bermain trampoline, ayunan, papan keseimbangan, skate board dan masih banyak lagi.. ( he..he, saya ini nggak dibayar sama sekali ya untuk promosiin New Zealand, murni hanya untuk bercerita pengalaman indah kepada anda semua…)

Nah.. sekarang kita bahas ya.. mengenai alokasi dana terbesar yang bisa dihemat :

1.TIKET MURAH ke NZ : untuk tiket Pesawat jauh hari anda sudah harus cari dan beli, temukan promo setiap maskapai atau berlangganan di situs skyscanner. Sewaktu ada info tiket murah anda akan cepat mengetahuinya dan dapat segera membelinya. Cara lain mendapatkan tiket murah dengan membeli rute Bali – New Zealand atau Singapore – New Zealand, untuk di New Zealand anda bisa pilih mendarat di Auckland, Christchurch, Wellington atau Dunedin. Biasanya yang banyak rutenya menuju kota Auckland. Ada banyak maskapai yang anda bisa pilih untuk rute ke New Zealand seperti Qantas, Jet Star dan Air asia dll.  Waktu itu kami dapat tiket murah dari Qantas dengan bagasi lega seberat 30 kgs/ orang.

20171230_170052
Mengunjungi Museum di Auckland

Website untuk cek info tiket pesawat murah :

https://www.skyscanner.co.id

https://www.wego.co.id

http://www.lowfares.com

https://www.cheapflights.co.id

20171216_163045
Menikmati teh dan snack  sambil melihat Polisi berenang di danau Wakatipu, Queenstown

2.SEWA MOBIL MURAH di NZ bahkan gratis : yang benar ada sewa mobil gratis di New Zealand ? sewa kendaraan menjadi salah satu alokasi biaya yang cukup besar selama kita berlibur ke NZ, untuk transportasi umum seperti train, taxi, bus memang tersedia, hanya itu banyaknya beroperasi di kota saja, dan ada jadwal serta batas waktunya. Kebiasaan di NZ semua aktifitas sudah berhenti setelah jam 18.00, seperti toko- toko yang sudah tutup dan juga pom bensin. Jadi kalau mau isi bensin setelah jam 18.00 wajib pakai kartu kredit.  Untuk harga bensin berkisar $ 1,99 – $ 2,2/ liternya. Tiap daerah

20171216_144229
Learning Tower di Wanaka. Jangan lupa berhenti disini, ada banyak permainan dan edukasi untuk anak-anak

harga jualnya berbeda, cukup mahal kan. Ada cara lain untuk menghemat biaya bensin dengan berbelanja di Pak n’ save, salah satu supermarket yang banyak kita temui disetiap kota, mirip lotte mart, farmers market yang ada di Jakarta, dari setiap  belanja kita dapat potongan harga untuk membeli bensin, sekitar 6 cents/liternya, cukup lumayanlah untuk pengiritan biaya bensin selama sebulan disini.

Nah.. untuk sewa mobil gratis di NZ, Benaran lho.. Banyak orang yang nggak percaya kalau kami sempat mencicipi mobil gratis selama beberapa hari, bawa Mercedez Benz Vito terbaru lagi.. Van yang dilengkapi alat masak, wastafel, mini refrigerator , tempat tidur yang muat untuk 4 orang dewasa. Saat itu kami hanya membayar $5 untuk pemakaian 5 hari + kami juga mendapatkan free tiket Fery senilai $ 340. Bagaimana cara nya ?

apollo camper 1
Rate Plan : NZ Reloc $1 per day, $340 Ferry refund.. asyik dapat mobil Mercedez benz Vito, gratis dari Apollo Camper Van

RELOCATION RENTAL CARS  namanya :  jadi ini program memindahkan mobil dari satu kota ke kota lain di New Zealand. Misal : mobil ada di kota Christchurch ( biasanya mobil diparkir di bandara) diminta pindahkan ke kota Auckland ( tujuan parkiran di area bandara  atau sebaliknya), ada banyak wilayah di New Zealand yang menawarkan program ini, bisa dari Wellington ke Auckland, Queenstown  menuju Christchurch dan sebagainya. Kalian bisa cek di link yang saya lampirkan, dan sebelum ikut program ini (jadi supir rental maksudnya.. hehe..). Sesuaikan jadwal perjalanan anda dengan mobil

20171216_123034
Ini Wajib ya.. berkunjung ke Museum Toys dan Transportasi, semua mobil jadul, mainan dan peralatan jaman dulu  tersimpan dengan rapi.

yang tersedia untuk direlokasi. Cukup mudah caranya, daftar saja dan ikuti petunjuk selanjutnya. Ada banyak mobil yang bisa kami pakai  pada waktu itu, hanya karena jadwalnya  tidak sesuai dengan itinerary kami, jadi hanya satu mobil yang kami putuskan untuk digunakan dari rental mobil Apollo Camper Van.  Selebihnya kami sewa mobil yang harganya juga murah. Terlampir link untuk kalian bisa menemukannya. Seperti saat membeli tiket pesawat kami juga menggunakan website pembanding harga tiap rental mobil, jadi dengan mudah kami  menemukan harga termurah.  Dan lagi jika kalian hanya pergi berdua saja, misal ada yang lagi mau bulan madu.. sewa mobil kecil saja, seperti Yaris, Nissan march, Suzuki Swift dengan mudah kita temui.. so pasti harga sewa lebih murah lagi.. Mudah sekali bukan ?

easy rental wagon wings
Sewa  mobil murah di Apex Car Rental hanya $498  selama 11 hari, sudah termasuk asuransi bebas resiko.

Jika semua sudah sesuai rencana kalian, tinggal pilih, sewa mobil murah atau bahkan mobil gratis bisa menjadi salah satu pilihan hemat  selama berlibur di New Zealand.

Daftar website yang menawarkan program  relokasi dan sewa mobil murah bisa kalian cek disini:        

https://www.wilderness.co.nz/motorhomes/specials/relocations

https://www.apollocamper.com/reloc.aspx

https://www.transfercar.co.nz/

https://www.jucy.co.nz

http://www.britz.com

https://www.motorhomerepublic.com

http://www.rentalcars.com

https://www.gorentals.co.nz/rental-cars/

https://www.vipcars.com

https://www.budget.co.nz/en/offers/nz-offers

https://secure2.rentalcarmanager.com/ssl/NzHappyCamper271/Step3.aspx#quotebooking

https://www.easyrentcars.com

banner iklan kamarmandiku ferroli external

3.PENGINAPAN MURAH : kami memilih opsi berkemah di camping ground atau holiday park yang tersebar diberbagai lokasi, pilihan ini menjadi alternatif menghemat biaya, perlu anda ketahui untuk sewa Hotel/Motel minimal biaya yang dikeluarkan perhari $110-$150. Saat hari pertama mendarat di Auckland, kami menginap semalam di Hotel Ibis Budget, karena besok pagi subuh kami harus terbang kembali ke Christchurch, Hotel ini  berada dalam area bandara, biaya yang kami keluarkan satu malam Rp.1,3 jt tanpa breakfast.

20171227_183548
Kami saat ada di Oamaru, jika malam hari anda bisa melihat penguin disini.

Menginap di camping ground bukanlah suatu hal yang memalukan, menyedihkan atau bahkan suatu penderitaan karena tidurnya di tenda, buat kami hal ini menjadi bagian petualangan yang mengesankan, karena kami bisa bertemu berkumpul dengan berbagai bangsa. Kegiatan berkemah dan piknik sudah menjadi hal yang umum dan menjadi kegiatan yang selalu dilakukan orang New Zealand, jadi anda tidak perlu kuatir dengan masalah keamanan tempat, binatang buas, binatang melata dll, nggak perlu dikuatirkan, semua tempat yang dikhususkan untuk camping tempatnya so pasti aman, nyaman dan menyenangkan. Di Camping ground anda akan menemukan kamar mandi yang dilengkapi air panas, laundry, dapur bersama dan juga fasilitas bermain untuk anak anak.  Untuk lokasi berkemah anda bisa menemukan lokasi yang gratis dan juga berbayar, kelebihan yang berbayar yaitu dilengkapi fasilitas yang saya sebutkan diatas.

20180103_202516
Miranda Hot Springs  salah satu lokasi camping ground yang kami suka

Untuk Perlengkapan Kemah anda beli saja di NZ karena harga jauh lebih murah daripada beli di Indonesia, dan kualitasnya juga lebih bagus, tenda, sleeping bag, kasur angin, kompor portable, panci memasak,lampu, ya dana yang dikeluarkan waktu kami membeli semua peralatan ini tidak lebih dari 2 jt rupiah. Kalian bisa beli di The Warehouse, semua tersedia lengkap.

4.MAKAN & MINUM : sebaiknya masak sendiri, seperti yang saya uraikan diatas, anda bisa memasak bahan makanan yang dibeli, kami rekomendasikan anda bisa berbelanja kebutuhan bahan makanan di Pak n’save, countdown, The warehouse atau mini market yang tersebar diseluruh kota namanya Four Square ( mirip indomaret atau alfa mart). Terkadang kami juga belanja makanan di pasar kaget yang kami temui,harganya jauh lebih murah, biasanya adanya hari minggu saja. Untuk bahan makanan sebagian besar yang kami beli makanan kaleng, gandum, keju

20171216_195915
Melihat Kota Queenstown dan danau Wakatipu dari puncak gunung yang dingin

susu, mie instant dan selebihnya buah segar. Ayam panggang dan sapi disini harganya cukup murah, dan rasanya enaaaakkk banget..  kami jarang makan nasi, walaupun memang ada dijual disini, harga beras sekitar $2 untuk 1 kilonya. Selama disini Makanan utama kami adalah kentang, jagung, kacang kacangan dan brokoli sudah menjadi

20180105_135638
Tiba di Cape Reinga, latar belakang laut tasman dan samudera pasifi

menu utama. Makanan bukan menjadi masalah besar buat kami, semua bisa dinikmati, apalagi makannya di daerah yang dingin, lahap pastinya..Oh ya untuk kalian yang suka pedas boleh bawa sambel botol/ cabe bubuk dari Indonesia atau beli disini sambel atau bumbu masakan Thailand, minimal miriplah dengan selera kita. Mie instant juga tersedia, sebagai makanan darurat kami juga beli, harganya $3 untuk 5 bungkus. Beberapa kali  kami juga beli makanan jadi seperti fish & chips yang merupakan makanan favorit di NZ.

5.Biaya lain lain : Rasanya ada yang hilang jika kita tidak terkoneksi dengan internet. Selama kami disini saya sempat menggunakan 2 ( dua ) sim card, Vodafone dan 2 Degrees, mana yang paling hemat dan murah saran saya pakai 2 degrees. Hanya masukan saja, supaya quota data anda tidak cepat habis, karena biaya mobile data di NZ cukup mahal, selama 1 bulan  disini, pengeluaran  paket internet data sudah  lebih dari 1

20171218_130451
Mandi di sungai yang jernih. Lokasi di Kingston South island

juta rupiah.  Bersyukur buat kita di Indonesia, biaya paket data internetnya murah. Jadi jika kalian upload gambar maupun video, sebaiknya memanfaatkan Wifi Gratis yang banyak tersedia di kota, lokasi camping ground, supermarket, Pom bensin dan taman bermain.

20171226_175611
Pemandangan indah disetiap perjalanan kami

Sudah cukup jelaskah, siap jalan jalan ke New zealand ya.., mulai menabung, kurangi pengeluaran yang bisa diabaikan, Stop merokok ( uangnya bisa buat jalan-jalan .he..he), kenapa stop merokok.. karna di NZ saya jarang melihat orang merokok, udaranya segar banget, semua bersih teratur. Rindu balik kesana lagi…. ( ada yang mau bayarin.. rela dech jadi supirnya..he..he ..)

Di artikel berikutnya  saya akan membahas  dimana tempat nginap yang murah dan lokasi wisata yang wajib anda kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar ya. Ayo rencanakan liburanmu di tahun 2023 ini ? Kemana New Zealand OKE

Baca artikel Lainnya :

Itinerary : Mengunjungi tempat-tempat favorit di New Zealand

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum jalan ke New Zealand

Lokasi camping yang murah dan bahkan gratis – New zealand

TERBARU.. Jalan-Jalan ke Amerika selama 1 bulan dengan biaya yang murah ? 

Liburan ke LAS Vegas.. apakah aman dan nyaman untuk anak-anak ? 

banner-bold-foot-washer-800-x-300-kamarmandiku

22 Comments Add yours

  1. Indrawati berkata:

    Pak mau nanya klo pergi skt akhir jun atau awal juli apakah sebgs des… Krn ank sy pgn main salju sedang sy pgn nikmati permandangan asri di sn.. Jd by selama disn utk hotel hampir diblg gak perlu ya…renc kita ingin pergi 10 hr

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah maaf saya kurang tahu ya. tapi yg pasti dari komunikasi dengan sahabat baru kami di NZ, kami disarankan datang kembali diakhir agustus. karena saat pergantian musim dingin, buat kita org indonesia suhunya tidak terlalu dingain, nyaman saat bertualang, dan masih bisa melihat salju.
      musin di NZ :
      Musim Semi. September – November.
      Musim Panas. Desember – Februari.
      Musim Gugur. Maret – Mei.
      Musim Dingin. Juni – Agustus.
      semoga membantu ya

      Suka

  2. Indrawati berkata:

    Thx u utk semua infonya.. Pak.. Mau nanya dlm tpt yg hrs dikunjungi.. Tdk ditulis tgl waktu yg dibutuhkan… Jd buat sy yg blm pernah.. Binggung utk beli tiket milford sound… Klo bpk boleh saran utk sy dgn waktu libur yg singkat… Skt 10 harian utk daerah south.. Kira rute n harinya bgm ya… Terimakasih byk

    Disukai oleh 1 orang

    1. 10 hari sudah cukup untuk menjelajah daerah south. rute pastinya start di Christchurch- Lake tekapo- Mouth cook-twizel-wanaka-queenstown-Milford sound, kemudian balik melalui Dunedin- sampai Christchurch. dan jika waktu nya masih banyak baru ambil rute lainnya . mungkin bisa lihat rute peta yang saya lampirkan di blog. selamat berlibur

      Suka

  3. Evi Kristina berkata:

    Shalom, mohon maaf pak, berapa budget yg bapak siapkan utk traveling 1 bulan ke newzeland? Terimakasih

    Suka

    1. sekitar 90 jt untuk 3 org ya selama 1 bulan .. all in

      Suka

Tinggalkan komentar